penyebab kerusakan pada genset - jual genset murah

Penyebab Kerusakan Genset dan Solusinya

Dalam penggunaannya genset sendiri sering mengalami berbagai masalah yang membuat pusing dan bingung apa yang harus dilakukan. Kerusakan dapat terjadi dimana saja, saat kerusakan terjadi sebaiknya perlu dicari tahu terlebih dahulu tentang penyebab kerusakan tersebut, dengan begitu solusi terhadap kerusakan akan lebih mudah diketahui.

Secara umum genset memiliki 3 sistem yang mendukung kerja mesin, diantaranya yaitu sistem pelumas, sistem bahan bakar, sistem pendingin. Terkadang penyebab berbagai kerusakan karena terdapat beberapa masalah pada ketiga sistem ini, dan jangan pernah meremehkan kerusakan yang terjadi pada mesin genet yang Anda miliki karena harga jual genset yang tidak murah dan berikut contoh permasalahannya :

  1. Masalah pada Sistem Pelumasan

Sistem pelumas perlu untuk membantu mesin  mengurangi getaran yang timbul antara bagian-bagian yang bergerak. Namun terdapat beberapa masalah seperti :

  • Suara pembakaran tidak normal

Jika hal ini terjadi maka penyebab masalah biasanya terdapat di Oli, kemungkinan terbesar Oli yang digunakan tidak bagus atau terjadi kebocoran oli pada sistem pelumas. Solusinya yaitu segera ganti oli yang lama dengan oli sesuai standar dan perbaiki kebocoran pada sistem pelumasan.

  • Mesin Hunting

Penyebab mesin hunting bisa karena pompa oli yang kurang baik, sehingga perlu diperiksa atau sebaiknya diganti dengan yang baru. Jika mesin hunting pada putaran idle ada kemungkinan saringan oli tersumbat maka coba untuk bersihkan saringan oli.  Kemungkinan lain yaitu valve pengatur tekanan oli juga sudah tidak bagus, solusinya juga sama coba untuk dibersihkan jika sudah tidak dapat digunakan lagi ganti dengan yang baru.

Jika pada putaran normal mesin hunting, hal ini disebabkan oleh kurangnya kapasitas oli maka tambahkan oli hingga cukup.

2. Masalah pada Bahan Bakar

Selain sistem pelumas, genset juga dilengkapi dengan sistem pendukung lain yaitu sistem bahan bakar, beberapa masalah yang mungkin terjadi pada sistem bahan bakar yaitu :

  • Mesin dapat hidup, namun mati setelahnya

Jika pada kondisi seperti ini mesin tidak mengeluarkan asap, maka penyebabnya adalah injection timing yang kurang tepat, terlalu awal atau terlambat dan solusinya yaitu cek timing.

Namun berbeda jika mesin mengeluarkan asap, kemungkinannya yaitu bahan bakar yang digunakan tidak baik, sehingga untuk menjaga mesin disarankan untuk menggunakan bahan bakar yang baik dan sesuai dengan ketentuan mesin. Kemungkinan lain jika mesin berasap yaitu bahan bakar tercampur air, jika benar maka bersihkan air atau gunakan water separator untuk memisahkan air dari bahan bakar. Jika mesin tetap tidak menyala cobalah untuk membersihkan katup pompa bahan bakar.

  • Mesin Kurang Bertenaga

Jika mesin kurang bertenaga, maka asap yang keluar juga perlu diperhatikan.

  1. Jika mesin mengeluarkan asap normal, maka kemungkinanya yaitu terdapat udara didalam sistem bahan bakar. Solusinya yaitu buanglah angin yang terdapat pada sistem bahan bakar. Kemungkinan lain yaitu terdapat kebocoran pada pipa solar atau pipa solar tersumbat maka harus dibersihkan, dan jika bocor gantilah dengan pipa yang baru.
  2. Jika mesin mengeluarkan asap pekat, penyebabnya yaitu kelebihan solar dari injection pump atau nozzle tidak bagus. Solusinya perikasa kapasitas solar dari injection pump dan perbaiki nozzle.

3.  Masalah pada Sistem Pendingin

  • Boros Bahan Bakar

Penyebab masalah boros bahan bakar biasanya terjadi karena kinerja thermosthat yang sudah kurang baik sehingga perlu diganti

  • Getaran Mesin Kuat

Getaran mesin yang cukup kuat disebabkan karena sistem pendingin berlebihan atau bahkan kurang dan kapasitas air radiator yang kurang. Untuk itu jangan biarkan thermosthat terbuka terus menerus atau sebaliknya dan periksa kapasitas air radiator jika kurang tambahkan.

Jika terdapat masalah pada genset sebaiknya segera ditangani, agar tidak menimbulkan masalah lain yang lebih serius mengingat harga jual genset tidaklah murah.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *