Jenis-Jenis Kabel UTP dan Fungsinya

Kabel jaringan merupakan suatu komponen yang penting dalam membangun sebuah jaringan komputer. Kabel jaringan memiliki peran sebagai media transmisi data pada sebuah jaringan komputer. Pada jaringan lokal atau sering disebut dengan local are network (LAN) kabel yang paling banyak digunakan adalah kabel UTP. UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair. Kabel UTP ini menjadi pilihan penggunanya dikarenakan kabel ini memiliki harga yang relative murah, dan pemasangannya yang mudah. Namun, sesuai dengan namanya UTP (unshielded) maka kabel ini tidak dibekali dengan lapisan pelindung alumunium foil sehingga rentan terhadap radiasi medan magnet atau voltase yang tinggi. Kabel UTP dapat kita golongkan jenisnya sesuai dengan kategori dan pemasangannya. Oleh sebab itu, Anda yang akan membangun jaringan harus mengetahui dari jenis-jenis kabel UTP dikarenakan setiap jenisnya memiliki kemampuan masing-masing. Berikut informasi bagi Anda mengenai jenis-jenis kabel UTP.

  1. Jenis-jenis kabel UTP berdasarkan kategori

Terdapat beberapa jenis kategori kabel UTP. Kategori ini menunjukan dari kualitas dan jumlah kerapatan lilitan kabelnya. Semakin tinggi kategori dari kabel ini, maka semakin baik pula kualitas dan jumlah jumlah kerapatan lilitannya. Berikut jenis-jenis kabel UTP berdasarkan kategorinya.

  • Kategori 1
    Kemampuan mentransmisikan data dari kabel kategori ini rendah. Kabel ini kurang pas apabila Anda memiliki tujuan memasang kabel ini untuk pekerjaan transmisi data tinggi. Kabel ini digunakan untuk komunikasi telepon.
  • Kategori 2
    Kemampuan mentransmisikan data dari kabel ini sampai dengan 4 Megabits per second (Mbps). Kabel ini digunakan untuk mentransmisikan suara dan data.
  • Kategori 3
    Kemampuan mentransmisikan data dari kabel ini sampai dengan 10 Mbps. Kabel ini merupakan pengembangan dari kategori 2 , kategori ini dapat digunakan untuk mentransmisikan data dan suara.
  • Kategori 4
    Kemampuan mentransmisikan data dari kabel ini sampai dengan 16 Mbps. Kabel ini sering digunakan pada topologi ring.
  • Kategori 5
    Kemampuan dari mentransmisikan data dari kabel ini sampai dengan 100 Mbps. Kategori ini juga dapat digunakan untuk mentransmisikan data dan suara.
  • Kategori 5e
    Kemampuan dari kategori ini adalah dapat mentransmisikan data dengan kecepatan sampai dengan 1000 Mbps (1 Gbps). Frekuensi sinyal yang dapat dilalui kategori ini adalah sejauh 100 MHz. Bagus untuk dilakukan pada jasa pemasangan cctv tangerang
  • Kategori 6
    Kemampuan kategori ini hampir sama dengan kategori 5e dari segi mentransmisikan datanya. Yang membedakan kategori 6 dengan kategori 5e adalah dari segi frekuensi sinyal yang dapat dilaluinya. Frekuensi sinyal yang dapat dilalui oleh kategori 6 ini adalah 200 MHz. Selain itu, secara fisik, terdapat separator yang terbuat dari plastik yang berfungsi memisahkan keempat pair di dalam kabel tersebut.
  • Kategori 7
    Kemampuan dari kategori ini adalah mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 1 Gbps. Frekuensi sinyal dari kategori ini lebih tinggi dari kategori lainnya, yaitu sebesar 400 Mhz.
  1. Jenis-jenis kabel UTP berdasarkan pemasangan

Terdapat 2 jenis kabel UTP berdasarkan pemasangannya. 2 Jenis kabel itu adalah Kabel straight dan kabel cross over. Kabel straight digunakan untuk koneksi antar perangkat yang berbeda jenis, seperti antara komputer ke HUB, switch ke router dan lain sebagainya. Sementara kabel dengan jenis pemasangan cross over digunakan untuk menghubungakan 2 perangkat yang sama, seperti komputer dengan komputer, switch dengan switch dan lain sebagainya. Terdapat perbedaan dari susunan kabel straight dan cross over. Untuk lebih jelasnnya, berikut gambar susunan warna untuk kabel straight dan cross over.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *